2 Muda Mudi Penonton Drama Perang 10 November 45 Tewas Terlindas KA Barang

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Surabaya berduka. Penonton pagelaran drama kolosal Surabaya Membara untuk memperingati peristiwa perang 10 November 1945, terlindas Kereta Api (KA), Jumat (9/11/2018) malam.

Sejumlah penonton terlihat nekat duduk di atas jalur rel tak mendengar ada KA KRD lewat. Akibatnya 10 orang tertabrak dan terserempet. Dua pemuda tewas terlindas, lainnya jatuh dari jembatan rel setinggi 6 meter ke aspal.
Saat KA lewat, mereka panik. Akibatnya terjadi aksi saling dorong. Dilaporkan ada belasan orang korban luka. Sembilan unit ambulans yang disiagakan segera mengevakusi korban.
Data terbaru, dua orang dinyatakan meninggal laki-laki dan seorang perempuan dibawa ke RSUD dr. Soetomo, 4 orang korban luka dibawa ke RSUD dr. Soewandi.
Identitas korban Erikawati (9), pelajar kelas III SD, warga Jl Kalimas Barat, Surabaya. Pihak keluarga korban sedang berada di rumah sakit, sedang remaja putra itu belum diketahui karena tidak membawa indentitas.
Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan, menuturkan dua orang meninggal dunia akibat terlindas KA. “Kondisi jembatan KA ini seharusnya tidak ditempati masyarakat. Sehingga saat kereta barang itu lewat, terlindas dua orang,” ujar Rudi usai olah TKP di lokasi kejadian.
Acara teatrikal ini bukan hanya pada Jumat (9/11) malam, dan masih akan berlanjut pada Minggu (11/11) pagi.
Pemkot Surabaya mengaku akan mengevaluasi acara eatrikal peringatan 10 November di dekat viaduk Jl. Pahlawan Surabaya, menyusul ada tragedi meninggalnya penonton acara.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugiharti, membenarkan itu. “Iya kami akan melakuan evaluasi terkait rencana tersebut. Saya terus terang kaget mendengar ada penonton yang jatuh di sana,” ujar Antiek Sugiharti.
Pemkot Surabaya dan panitia sudah koordinasi dengan PT KAI terkait jadwal KA yang lewat di viaduk tersebut. “Tapi kami tetap menunggu arahan selanjutnya, jadi tidaknya digelar Minggu pagi,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.