Dishub Jember Rutin Gembleng Kapasitas SDM dan Attitude 317 Jukir

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Parkir bagi Kabupaten Jember sudah menjadi bidang yang perlu penataan yang baik, mengingat kepemilikan kendaraan warga Jember meningkat seiring meningkatnya pendapatan perkapita Jember.

Masalah yang sering muncul di bidang parkir adalah, juru parkir liar, attitude juru parkir, SOP parkir, tarif parkir, para pemungut parkir, lahan parkir dan lain sebagainya.

Melihat persoalan kian kompleks itu  Bupati Jember dr Hj Faida, MMR, sesuai 22 janji kerjanya meminta Drs Isman Sutomo, Kepala Dinas Perhubungan untuk mulai melakukan penataan persolan parkir di Kabupaten Jember.

“Untuk pembinaan SDM, setiap minggu ke-empat  UPT Parkir  selalu memberi pembinaan para jukir resmi. Mereka dilatih untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat,” ujar Isman Sutomo.

Beberapa yang dilatih,  seperti sikap, SOP pelayanan, kepribadian (berpakain dan tutur kata), serta pengetahuan mengatur lalu lintas.

Hal senada diungkapkan Plt UPT Parkir, Drs Heru Pujianto, SH,MH. Menurutnya,  dalam kegiatan peningkatan kapasitas SDM juru parkir maka pihaknya bersinergi dengan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember.

Juru parkir ini mendapat pendidikan khusus tentang ilmu lalu lintas, aturan – aturan di jalan raya, dan pengaturan parkir oleh petugas sesuai regulasi Undang – undang Lalu Lintas.

Untuk saat ini Pemerintah Kabupaten Jember memiliki  317 orang tenaga juru parkir. Mereka ini tersebar di pusat Kota, dan beberapa Kecamatan.

“Mereka digaji oleh pemerintah. Bahkan, Bupati Faida juga memberi jaminan sosial dengan mendaftarkan mereka sebagai peserta BPJS, ” ujarnya  sambil menambahkan bahwa hal itu sekaligus  merealisasikan 22 janji kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember.

 

One thought on “Dishub Jember Rutin Gembleng Kapasitas SDM dan Attitude 317 Jukir”

  1. Parkir khusus yg belum tersentral pada UPT Parkir sangat rawan kebocoran dalam peningkatan PAD ,krn kurangnya fungsi pengawasan,shg perlu kajian ulang utk memangkas kebocoran dari lahan parkir khusus yg ada dilahan/aset pemerintah Daerah Jember. Misal dg E Parkir…..???.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.