Rokok Cerutu BIN Jember Dikunjungi 19 Mahasiswa dari Manca Negara

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Beberapa mahasiswa dari 11 negara ke PT. Boss Image Nusantara (BIN) Cigar salah satu perusahaan unggulan di Kabupaten Jember di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember, Jumat (20/7/18) pagi nampak antusias.

Ada 19 mahasiswa manca negara berkunjung di perusahaan BIN Cigar yaitu dari Malaysia, Filipina, Thailand, Inggris, Jepang, Korea, Laos dan negara lainnya.
“BIN Cigar tidak hanya menjadi pabrik cerutu saja melainkan juga sudah menjadi produk unggulan dan menjadi objek wisata di Kabupaten Jember,” kata Imam Santoso, Representative Marketing PT. Boss Image Nusantata Cigar
Iman Santoso, mengatakan setiap tahunnya BIN Cigar selalu ada kunjungan dari mahasiswa manca negara dan mahasiswa lokal untuk melihat proses mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, petik, melalui video sampai proses pembuatan cerutu, bahkan praktik membuat cerutu sendiri.
“Cerutu telah menjadi produk utama BIN Cigar, hasil produksi ini sudah diekspor ke berbagai negara. Di antaranya, negara-negara Uni Emirat Arab, Singapura, dan Malaysia. “Yang terbaru diekspor ke Denmark,” pungkasnya.
Direktur Kantor Urusan Internasional UNEJ Adhitya Wardhono yang mendampingi mahasiswa peserta UJICC 2018 di pabrik BIN Cigar hari ini, mengatakan. “Sekarang ini sudah tahun keempat kalinya mahasiswa manca negara kita ajak ke BIN Cigar,” tutur Adhitya.
“Kunjungan ke BIN Cigar untuk memperkenalkan salah satu potensi Jember kepada para peserta, yakni tembakau dan berbagai produk unggulan dan wisata Jember,” kata Adhitya yang juga dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNEJ itu juga mengatakan bahwa
“Para peserta juga kami ajak berkeliling ke sejumlah lokasi wisata lainnya yang ada di Jember. Kalau nanti mereka pulang mereka bisa menceritakan pengalaman mereka di sini,” ungkapnya.
Adhitya juga menerangkan, 19 mahasiswa asing tersebut akan tinggal di Jember hingga 1 Agustus 2018 mendatang.
“Selama tinggal di Jember – selain berkeliling Jember – para peserta juga akan belajar bahasa Indonesia, menari, karawitan, dan juga seputar Universitas Jember, dan saya berharap mahasiswa mau melanjutkan studi di Kabupaten Jember,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.