Faida Bagikan 684 Perizinan, Layanan OSS Segera Update di Provinsi

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, menyerahkan 684 surat izin kepada 231 pemohon perizinan. Penyerahan 9 jenis izin ini berlangsung di Pendapa Wahyawibawagraha, Senin (19/11/2018).

Sebagai tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Jember dalam melayani perizinan, maka Bupati memberikan langsung surat perizinan kepada masing-masing pemohon.
Dipastikan, pemohon pulang membawa sertifikat perizinan yang bisa langsung digunakan namun, para penerima sertifikat izin ini diharapkan tidak lupa membayar retribusi.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih telah berinvestasi, mengembangkan usaha, sekolah, membangun perumahan, dan lainnya di Jember.
Pemkab menyambut baik usaha-usaha itu karena Pemkab Jember ingin menambah perputaran ekonomi dan menambah lowongan pekerjaan.
Bupati Faida, mengingatkan agar dalam merekrut tenaga kerja harus ber-KTP Jember, sehingga terwujud upaya membangun Jember secara bersama-sama.
Para pekerja yang direkrut harus memiliki Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja, guna menghindari pengambilalihan tenaga kerja dari perusahaan lain.
“Jangan lupa jaga persatuan, supaya tumbuh bersama-sama,” ucapnya.
Jember berkomitmen menjadi kota yang peduli hak asasi manusia. Sehingga harus diperhatikan saat membangun fasilitas umum yang dikembangkan.
Banyak pengurusan izin reklame yang baru diajukan, sehingga Faida memerintahkan Satpol PP untuk bersikap tegas dan memberi peringatan terhadap reklame tanpa izin.
Sebanyak 684 surat izin dari 231 pemohon yang diserahkan terdiri dari 2 Izin Pemanfaatan Penggunaan Tanah (IPPT), dua Izin Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Izin Pendirian Paud sebanyak 2 surat izin, izin pendirian TK sebanyak 2 surat izin.
Selanjutnya, izin pendirian SMP sebanyak 1 surat izin, izin penyelenggaraan lembaga kursus dan pelatihan (LKP) sebanyak 2 surat izin, izin Pemakaian Kekayaan Sempadan Sungai sebanyak 16, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebanyk 75, dan Izin Penyelenggaraan Reklame Tetap sebanyak 582 .
Kepala Dinas PTSP Kabupaten Jember Dr. H. Syafi’i, M.Si menyampaikan, sosialisasi terhadap penerima sertifikat izin,agar semua sertifikat perizinan diproses sesuai prosedur utamanya dalam melengkapi syarat syarat teknisnya dan aturan aturannya.
PTSP yang mempunyai aplikasi OSS (Online Single Submission) telah dibuka 1 bulan lalu dan dalam waktu dekat akan disosialisasikan PTSP Provinsi Jatim dan petugas teknisnya.
OSS merupakan aplikasi pelayanan online sertifikat izin dan saat ini masih tahap pembelajaran , penyesuaian pusat , provinsi, dan daerah.
Termasuk untuk izin usaha atau SIUP tidak perlu yang rumit asal persyaratan lengkap bisa cepat jadi.
Aplikasi bisa diunduh di website OSS. “Diperlukan edukasi untuk masyarakat kedepannya, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam pengurusan surat perizinan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.