Faida Bikin Beda Rapat Paripurna di DPRD, Pakai 3 Slide Proyektor dan Hadirkan Seluruh Elemen Masyarakat

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Suasana berbeda begitu terasa dalam rapat paripurna di DPRD Kabupaten Jember. Dalam pembacaan nota pengantar Rancangan APBD 2019, Bupati Jember dr Hj Faida, mengemas paparan materinya agar tidak membosankan.

Rapat yang biasanya diisi pembacaan materi dan formal, kali ini Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menyampaikan materi dengan memakai slide layar lebar.

Dalam rapat ini ada 3 buah proyektor, satu proyektor ukuran besar ditempatkan di depan, dan 2 proyektor ukuran sedang ditempatkan di belakang.
Bupati Faida memilih untuk mempresentasikan materi R-APBD 2019 kali ini dengan data, angka, gambar dalam slide. Hasilnya semua mata pun tertuju pada ketiga layar tersebut sehingga dapat menghilangkan rasa bosan ketika rapat paripurna jika dibandingkan dengan hanya membacakan materi saja.
“Ada keluhan masuk kepada saya, kenapa Bupati itu kalau rapat paripurna membaca angka-angka dan data yang panjang. Yang mendengarnya jadi ngantuk, jangankan yang mendengar, sejatinya yang baca juga ngantuk. Menjawab keluhan itulah, saat ini saya memakai fasilitas yang ada di gedung dewan. Saya akan mempresentasikan ini supaya peserta rapat paripurna tidak ngantuk,” ujar Faida membuka paparannya dalam penyampaian nota pengantar R-APBD 2019, di Gedung DPRD setempat, tadi sore.
Faida mengatakan bahwa dengan cara ini, audien akan lebih mudah mencerna apa yang disampaikan.
Dalam rapat paripurna tersebut, juga dihadiri oleh puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember.
“Jadi rapat paripurna sekaligus bisa menjadi wisata edukasi untuk mahasiswa, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP UMJ itu,” lanjutnya.
Dalam rapat paripurna tersebut, berbagai rencana dipresentasikan oleh Bupati Faida dimana mayoritas berfokus para sektor infrastruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.