Faida : Perintah Sentralistik Pengurusan Adminduk ke Dispenduk Itu Ulah Oknum !

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Pengurusan Adminduk seperti KTP, KK, Akte Lahir, dan KIA kini dibantu Kantor Kecamatan. Tidak lagi sentralistik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil guna menghindari antrean.
Pengurusan terpusat memicu pekerjaan menumpuk. Pengurusan adminduk itu faktanya dihembuskan oknum tak bertanggungjawab.
Demikian ditegaskan Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, usai membaca berita terkait layanan Dispenduk.
“Sejatinya tidak pernah ada perintah terkait layanan dispenduk disentralistik. Sampai hari ini ada beberapa Kasi di Kecamatan yang belum menghentikan layanan KK dan KTP secara sepihak, meski tidak ada perintah tertulis maupun lisan,” tegas Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.
Menururtnya, selama ini ada beberapa Kasi Kecamatan juga menghentikan layanan KTP karena ada alasan semisal mengaku diperintah oknum di Dispenduk. Bahkan berkas yang dikirim Kecamatan tidak diprioritaskan oleh Dispenduk.
“Jadi tidak adanya layanan KTP dan KK di Kecamatan karena ulah oknum yang menginstruksikan agar mengurus KTP dan KK di Kecamatan. Selain itu para Kasi jengkel dengan petugas di Dispenduk yang tidak memprioritaskan berkas dari kecamatan, mulai minggu depan akan kita edarkan panduan tertulis sesuai Perbup,” tandasnya.
Dari 31 kecamatan, peralatan perekaman E KTP masih normal dan tidak ada gangguan dan masih terhubung dengan Dispenduk.
“Peralatan perekaman maupun alat lainnya masih normal semua, sudah kita cek di seluruh kecamatan tidak ada masalah, hanya ada dua kecamatan yang rusak,” ujarnya. Pihaknya berharap tidak ada lagi pungli pengurusan adminduk baik di desa, kecamatan maupun Dispenduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.