Kabupaten Humbang Hasundutan Sumut Studi Banding Kopi Jember, Wabup KH Muqit : Kopi Jember Dikenal di Sana Sejak 1985

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Pemkab Jember kedatangan rombongan tamu dari Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara, Kamis (8/11/2018), untuk studi banding komoditi kopi Jember.

Rombongan Pemkab Humbang Hasundutan yang dipimpin Wabup Saut Perlindungan Simamora ditemui Wabup Jember, Drs KH Abdul Muqiet Arief di ruang rapat Bupati.
“Hari ini kita kedatangan Wabup Humbang Hasundutan untuk studi komparasi terkait kopi Jember. Kopi Jember di Humbang Hasundutan sudah terkenal sejak 1985,” ungkap Abdul Muqiet Arief.

Muqiet menyampaikan, petani kopi di Humbang Hasundutan sangat akrab dengan kopi Jember. “Alhamdulillah, rombongan dari Humbang Hasundutan nanti bisa ketemu dengan para ahli dari Puslit Kakao, untuk mengetahui lebih detail terkait kopi Jember,” jelasnya.
“Rombongan juga mendapat penjelasan panjang lebar terkait varietas kopi Jember dan bagaimana panen kopi di Jember. Rencananya, setelah dari Pemkab, rombongan akan hunting ke Puslit untuk studi banding mengenai proses pembibitan hingga paska panen,” paparnya.
Muqiet mengaku sangat senang atas pemberian cinderamata berupa kain ulos dari Wabup Humbang Hasundutan. “Biasanya, tidak semua orang bisa mendapatkan kain ulos, saya sangat senang sekali,” pungkasnya.
Wabup Humbang Hasundutan, mengatakan kedatangannya ke Jember ini untuk melihat langsung kopi Jember.”Semoga kerjasama antara Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Jember terus berlanjut dengan baik,” ucapnya.
“Dan semoga ilmu yang kami dapat nantinya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Humbang Hasundutan di bidang kopi. Varietas kopi Jember lebih tahan penyakit, sehingga petani kopi di Humbang Hasundutan senang dengan kopi Jember,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.