Kabupaten Jember Kirim Tim Medis, Alat, Paramedis, dan Obat ke Donggala dan Palu

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Bencana gempa dan tsunami yang memporak-porandakan Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, menggerakan banyak relawan dan bala bantuan untuk meringankan beban masyarakat di sana.

Tak terkecuali Kabupaten Jember. Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, Selasa (2/10/2018) memberangkatkan Tim Medis dan Tim Dokter dari RSD dr Soebandi, Jember.

Tim relawan Kesehatan untuk Bencana Palu dan Donggala ini merupakan tim pertama dari Kabupaten Jember yang akan berangkat ke Palu dan Donggala. Tim Dokter dan tim medis yang dipimpin langsung Direktur RSD dr Soebandi, dr. Hendro Soelistijonk MM.
Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, menerima Tim Gabungan dari beberapa Rumah Sakit di Kabupaten Jember ini sebelum diberangkatkan.
Tim didominasi dari RSD dr. Soebandi. Bupati Faida menegaskan bahwa tim ini juga telah disiapkan untuk triase emergency untuk tindakan bedah di lokasi.
Tim ini telah disiapkan RS setempat mendirikan satu kamar operasi untuk membantu pertolongan bedah operasi kecil maupun operasi berat bagi korban.
Tak hanya Faida mengungkapkan Tim Jember ini disiapkan untuk seminggu ke depan, yang akan disusul tim II dan III.
“Akan ada 90 an orang anggota tim medis untuk Palu dan Donggala. Tim bantuan ini akan diberangkatkan dalam 3 kloter, tiap kloter berada di Makasar selama seminggu,” ungkapnya.
Faida berharap tim medis juga bisa mengakses langsung ke Palu dan Donggala untuk langsung membantu di lokasi bencana. Tetapi dengan segala pertimbangan maka telah diputuskan akan lebih efektif, membantu di Makassar.
Jember juga akan mengirimkan tim dokter bedah spesialis terbaiknya, seperti spsesialis bedah ortopedi dan bedah anastesi. Termasuk tim paramedis terbaik selama seminggu untuk membantu tim dokter spesialis.
“Selain tim dokteer spesialis dan paramedisnya, semua peralatan juga disiapkan dari Jember sendiri. Jadi tidak hanya orangnya yang berangkat, peralatan medis bedah dan obat-obatan standart untuk bencana akan kita bawa serta,” pungkas Faida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.