Kabupaten Trenggalek Studi Banding ke Jember soal Perbup Anti Narkoba

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, studi banding ke Kabupaten Jember terkait dengan penerbitan Peraturan Bupati tentang penanganan narkotika.
Kunjungan rombongan Bakesbangpol Trenggalek diterima Asisten Pemerintahan Drs. Hadi Mulyono, M.Si, didampingi pejabat dari Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dispora, Bakesbangpol, dan Bagian Hukum Pemkab Jember.
Dialog tentang Perbup tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba berlangsung di ruang rapat bawah kantor Pemkab Jember, Selasa (13/11/2018).
Hadi Mulyono atas nama Pemerintah Kabupaten Jember berterimakasih kepada Kabupaten Trenggalek, karena telah memberikan kepercayaan atas dijadikannya Jember sebagai salah satu obyek studi banding.
“Apalagi maksud dan tujuannya terkait pencegahan narkoba, jadi teladan kita semua, termasuk Kabupaten Jember, sehingga dalam forum silaturrahim ini sama-sama mendapat masukan apa yang baik di Kabupaten Jember,” ujarnya.
Dijelaskan, Kabupaten Trenggalek sudah memiliki Perda sementara Pemkab Jember belum. Sedang di Kabupaten Trenggalek belum ada Perbup, sedang di Jember sudah ada Perbup.
Hal itu yang membuat pertemuan menjadi positif karena simbiosis mutualisme dalam memberantas narkoba.
Di Jember telah terbit Perbup terakait pencegahan dan pemberantasan narkoba dengan tindaklanjut SK Bupati tentang tim pelaksana ,Pemberantasan,Penyalahgunaan,dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).
Sehingga, Tim tadi menentukan langkah-langkah konkret. “Memang belum satu badan, tetapi bentuk kegiatan ini dari semua unsur baik itu dari lingkup OPD Pemkab sendiri maupun OPD eksternal dari Kepolisian ataupun TNI sudah termasuk, sehingga dalam pelaksanaan selama ini sudah berjalan,” jlentrehnya.
Kegiatan itu terbungkus dalam beberapa kegiatan, mulai dari Dispora dengan pencegahan melalui sosialisasi di seluruh siswa SMA di Kabupaten Jember. Bakesbangpol dngan Kegiatan Satu Sekolah Satu TNI, dengan memberikan materi terakait dengan pencegahan narkoba.
Dalam forum-forum kegiatan itu tidak hanya penyuluhan dari narasumber melainkan juga diisi testimoni mantan pecandu narkoba agar tidak ditiru oleh generasi muda.
Kepala Bakesbangpol Trenggalek Drs. Widarsono, M.M. menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Trenggalek bisa mengadopsi hal-hal baik dalam perbup yang dimiliki Jember untuk diterapkan dalam proses pembuatan perbup di Trenggalek.
Katanya Trenggalek sudah punya Perda tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Jember telah memiiki perbup terkait hal ini.
“Jadi ini kita padukan. Kita bisa saling menutupi kekurangan-kekurangan, yang semuanya kembali kepada kepentingan dan kepedulian kepada masyarakat,”
Mengenai Perbup di Jember, Widarsono berpendapat, melihat baik Perbup di Jember, dan memang perlu banyak diaplikasikan di Trenggalek. “Nanti akan kami aplikasikn di Kabupaten Trenggalek,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.