Program 5000 Beasiswa Realisasi 22 Janker, FaidaMalah Raih Penghargaan dari Perguruan Tinggi sebagai Pejuang Karakter Bangsa

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Realisasi 22 Janji Kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember untuk memberikan beasiswa bagi warga Jember yang ingin kuliah sebanyak 5000, malah mendapat apresiasi dari Perguruan Tinggi, salah satunya Universitas Terbuka, UPBJ Jember.

UT UPBJ Jember memberi penghargaan kepada Bupati Jember dr Hj Faida MMR, karena dianggap berjasa dan pejuang dalam pembangunan karakter bangsa.

Faida dalam program 5000 beasiswa bagi warga ber KTP Jember ini menjalin kerjasama dengan seluruh Perguruan Tinggi di Jawa. Tak hanya itu Faida juga menyiapkan beasiswa bagi program magister S-2 hingga doktoral ke luar negeri.
Bupati Faida , di acara wisuda sarjana UT UPBJ Jember ini mengatakan dalam sambutannya bahwa pemberian beasiswa kepada generasi muda Jember menjadi tanggung jawab Pemkab Jember.
Mahasiswa terbanyak yang mendapatkan beasiswa dari Pemkab Jember adalah mereka yang kuliah di Universitas Terbuka.
“Total mahasiswa UT yang mendapatkan beasiswa Pemkab Jember sebesar 846 mahasiwa,” katanya.
Universitas Terbuka banyak diminati karena ada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Program Studi PG-PAUD.
Hal ini merupakan salah satu solusi bagi guru-guru di Jember yang belum memenuhi kualifikasi akademis jenjang S1.
“Guru sambil mengajar dan kuliah, kurang lebih 118 guru TK, PAUD, dan SD yang lagi kuliah di UT dan mendapatkan beasiswa dari Pemkab Jember, ” kata Bupati Faida.
Bupati Faida mengucapkan selamat kepada mahasiswa UT yang sudah diwisuda, dan bagi yang masih aktif kuliah, semoga beasiswa ini dapat menunjang keberhasilan pendidikannya.
“Semoga mereka cepat lulus dan mengabdi kepada masyarakat,” tuturnya
Program beasiswa ini melingkupi biaya pendidikan, dan biaya hidup Rp. 750.000 perbulan. Bagi penerima beasiswa memiliki tugas melaporkan hasil studinya untuk evaluasi hasil IPKnya.
“Jika IPK tidak memenuhi syarat, tentu tidak menunjukkan kesungguhannya dalam kuliah maka ini menjadi pertimbangan untuk tidak dilanjutkan beasiswanya,” tutur Bupati Jember.
Karena itu para penerima beasiswa diharapkan dapat menjadi mahasiswa dengam karakter yang peduli terhadap sesama. Tugas itu dibebankan kepada penerima beasiswa oleh Pemkab salah satunya dengan melibatkan mereka sebagai tim verval para dhuafa, lansia, janda dan yatim piatu yang akan menerima bantuan sembako Pemkab.
“Mahasiswa yang tidak menjalankan tugasnya, tetap mendapatkan pencairannya sampai semester berjalan, tetapi akan menjadi evaluasi program berikutnya,” ujar Bupati Faida.
Bupati Faida ingin membantu mahasiswa bukan hanya sekadar pandai, tetapi mahasiswa yang berkarakter peduli.
Saat ini total anggaran beasiswa mahasiswa UT sebesar Rp. 5.324.933.000, dengan rincian untuk bayar UKT Rp. 1.630.433, dan untuk biaya hidup Rp. 3.694.500.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.