Wabup Kiai Muqit Beri Pengarahan Ratusan Seleksi Calon Kepala Sekolah

image_pdfsave PDFimage_printPrint this

Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief memberikan pengarahan kepada ratusan peserta seleksi calon kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember.

Pengarahan berlangsung Rabu 28 November 2018 di Aula PB Soedirman Pemkab Jember. Hadir pula Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Jember Ir. Ruslan Abdul Gani.

Dalam pengarahannya, Wabup Muqit mengulas tentang kepala sekolah. Mulai dari siapa kepala sekolah itu dan apa tugasnya.

Menurut wabup, kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas pokok memimpin dan mengelola pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

“Dalam memajukan negara, kuncinya dalam pendidikan,” jelas pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo ini.

Seorang kepala sekolah harus memosisikan diri sebagai seorang manajer, juga pengelola potensi-potensi yang ada di sekolah, seperti pengembangan kewirausahaan.

“Yang namanya kreatif dan inovasi kini semakin maju. Persaingan antar-sekolah swasta dengan sekolah negeri ini tergantung bagaimana kepala sekolahnya mengelola,” ungkap wabup.

Posisi kepala sekolah itu bukan hanya membuat kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai rencana. Tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik untuk terus semakin giat belajar dan meningkatkan prestasi.

Selain tugas pokok, tugas tambahan kepala sekolah jika terjadi kekurangan tenaga pengajar. Saat seperti ini kepala sekolah harus melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan.

Kepala sekolah juga harus membuat perencanaan dan pelaksanaan pengembangan keprofesian yang berkelanjutan untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar dan pengembangan sekolah selanjutnya.

Tahun depan, masih kata Wabup, Pemkab Jember akan melaksanakan Diklat calon Kasek.  Setelah lulus akan menjadi bakal calon kepala sekolah yang proses akhirnya resmi menjadi kepala sekolah.

Diklat Kepala Sekolah itu menyiapkan kompetensi untuk memantapkan wawasan, pengetahuan, sikap nilai dan keterampilan dalam memimpin sekolah yang menjadi sangat penting untuk calon kepala sekolah agar siap dalam menghadapi tantangan selanjutnya.

Wabup sangat berharap dan mendorong guru yang masuk dalam kreteria calon kepala sekolah agar mengikuti seleksi kepala sekolah.

Wabup juga berharap partisipasi dan peran serta peserta untuk bersama-sama memajukan pendidikan anak didik  bangsa Indonesia.

Sementar itu, Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Jember Ir. Ruslan Abdul Gani menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah seleksi dalam mengisi kekosongan kepala sekolah.

“Dan meningkatkan pelayanan pendidikan di Kabupaten Jember,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 367 guru yang berpotensi mengikuti seleksi calon kepala sekolah di Kabupaten Jember.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28 November 2018 berupa pembinaan, 30 November – 4 Desember seleksi administrasi.  Tanggal 9 – 10 Desember seleksi subtansi dan wawancara. Selanjutnya tanggal 27 Desember  hasil  kegiatan seleksi substansi.

Sasaran kegiatan ini adalah lembaga atau sekolah yang belum mempunyai pejabat secara definitif baik SD dan SMP. Jumlahnya sebanyak 135 lembaga, terdiri dari 63 lembaga yang sudah ada Plt sedangkan 72 lembaga belum terisi.

“Apabila pejabat definitif berhalangan menjalankan tugasnya, pejabat pemerintah memiliki hak untuk menggunakan kewenangan atau keputusan yaitu menunjuk Plh atau Plt,” terangnya.

Hasil seleksi calon kepala sekolah dapat dilihat di website BKPSDM dengan alamat bkd.jemberkab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.